Pages

Senin, 09 Desember 2013

Makalah E-Business

BAB 1
PENDAHULUAN

1. 1. LATAR BELAKANG MASALAH

    Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut  dunia maya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh. Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan namae-business dan e-commerce. Melalui e-commerce, seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya. Oleh karena itu, kami akan mencoba membahas apa dan bagaimana internet, e-business dan e-commerce tersebut.

1.2. RUMUSAN MASALAH
a. Bagaimana Sejarah Perkembangan E-business ?
b. Apakah Pengertian & Fungsi E-Business ?
c. Apakah Pengertian & Fungsi E-Commerce?
d. Apakah Pengertian dan Fungsi E-Intermediary ?

1.3. TUJUAN
a. Memenuhi tugas dosen Pengetahuan Teknologi computer dan Informatika C
b. Menambah referensi mengenai perkembangan internet

1.4. MANFAAT
    Manfaat yang diantisipasi dari Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik:
1. Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
2. Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
3. Pengembangan atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.
    Kendala Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik:
1. Biaya tinggi.    
2. Masalah keamanan.
3. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia

BAB 2
PEMBAHASAN

2.1. INTRANET
    Intranet merupakan jaringan sistem informasi internal suatu perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet. Teknologi dan konsep internet seperti client-server dan protokol internet seperti HTTP dan FTP juga digunakan untuk membangun sebuah intranet.
Protokol ini memungkikan suatu komputer mengirim dan memberi alamat data ke komputer lain sekaligus memastikan pengiriman data sampai tujuan dengan tanpa kurang apa pun. lokal yang terhubung ke jaringan internet, untuk melindungi aset sistem informasi dari serangan pihak luar.
Hal lain yang membedakan internet dengan intranet adalah dari sisi penggunaannya. Aplikasi dan informasi intranet ditujukan bagi kalangan dalam suatu organisasi itu sendiri sementara informasi di suatu situs internet ditujukan bagi kalangan umum.

2.1.1. Komponen Pembentuk Intranet

Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk internet, seperti:
1. Aplikasi browser ( internet exploler, opra, mozilla firefox, netscape)
2. Komputer server
3. Perangkat jaringan
4. Protokol TCP/IP
5. Bahasa pemrograman (html, php, mysql , dll)
6. Komputer client
7. Perangkat bantu pengembangyang perlu ditambahkan dalam intranet apabila sebagian informasi organisasi tersebut ingin diekspose agar dapat di akses jaringan luar (internet) adalah firewall dan router (intranet ini akan menjadiekstranet).

Apa keuntungan menggunakan Intranet ini, coba mari kita lihat:
1) Produktifitas Kerja : Intranet membantu pengguna untuk menemukan informasi secara cepat,mengakses database yang diperlukan dan menggunakan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaannya.

2) Efisiensi Waktu : Dengan intranet, kepala perusahaan akan lebih cepat menyampaikan informasi kepada karyawan di mana karyawan dapat mengakses informasi sekaligus.

3) Komunikasi : Intranet memberikan fasilitas yang memungkinkan komunikasi efektif di dalam sebuah organisasi.

4) Sistem publikasi web : memungkinkan data - data organisasi / perusahaan diakses secara mudah, misalnya pedoman anggota / karyawan,datakeuntungan, kebijakan perusahaan, dan data pelatihan.

5) Hemat Biaya : pengguna dapat melihat atau membaca data melalui web browser tidak perlu membaca data fisik seperti buku manual, lembaran daftarpermintaan, dan lembaran daftar telepon

6) Meningkatkan Kerjasama :dengan informasi yang mudah di akses oleh semua karyawan resmi (internal), kualitas kerja tim (team work) akan meningkat.

2.1.2. Penggunaan Intranet
    Saat ini perangkat elektronik pintar sudah merambah diseluruh aspek kehidupan contohnya di kantor, sekolah, rumah. Beberapa sekolah sudah menerapkan teknologi intranet. Seluruh komputer terhubung dengan satu jaringan lokal. Intranet sebagai pendatang baru mengandalkan biaya yang murah, fleksibilitas, open standard, dan banyaknya vendor yang bergabung dalam menigkatkan kemampuan intranet serta jaminan perkembangan teknologi yang makin meningkat kemampuannya.
Intranet digunakan untuk membantu alat dan aplikasi, misalnya kolaborasi dalam kerja sama (untuk memfasilitasi bekerja dalam kelompok dan telekonferensi) atau direktori perusahaan yang sudah canggih, penjualan dan alat manajemen hubungan dengan pelanggan, manajemen proyek dll, untuk memajukan produktivitas.
Intranet juga digunakan sebagai budaya perusahaan perubahan platform. Sebagai contoh, sejumlah besar karyawan membahas isu-isu kunci dalam aplikasi forum intranet dapat menyebabkan ide-ide baru dalam manajemen, produktivitas, kualitas, dan isu-isu perusahaan lainnya.
Dalam intranet yang besar, lalu lintas situs web seringkali sama dengan lalu lintas situs Web publik dan dapat dipahami dengan lebih baik dengan menggunakan software web metrik untuk melacak aktivitas secara keseluruhan. Survei pengguna juga meningkatkan efektivitas situs intranet. Bisnis yang lebih besar memungkinkan pengguna dalam intranet mereka untuk mengakses internet publik melalui server firewall. Mereka memiliki kemampuan menangani pesan yang datang dan pergi serta menjaga keamanan yang utuh.
Ketika bagian dari intranet diakses oleh pelanggan dan lainnya di luar bisnis, menjadi bagian dari sebuah extranet. Bisnis dapat mengirim pesan pribadi melalui jaringan publik, menggunakan enkripsi khusus / dekripsi dan perlindungan keamanan lainnya untuk menghubungkan satu bagian dari intranet mereka yang lain.
Pengguna intranet yang berpengalaman, editorial, dan tim teknologi bekerja sama untuk menghasilkan website. Paling umum, intranet dikelola oleh departemen komunikasi, HR atau CIO organisasi besar, atau kombinasinya.

2.1.3. Kelebihan Intranet
    Kebutuhan intranet didorong oleh beberapa tekanan teknologi yaitu :
• Intranet menjadi alat bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri
• Intranet lebih meningkatkan tanggapan terhadap keluhan dan kebutuhan pelanggannya.
• Intranet mampu menurunkan biaya atas kebutuhan informasi kolaborasi, workflow, dan enterprise connectivity.
• Intranet mendapat banyak keuntungan karena adanya suksesnya dukungan world wide web yang memungkinkan penggunaan yang luas karena digunakan masyarakat luas yang menggunakan internet. Caranya adalah dengan membuat website. Intranet menjadi tren saat ini karena kefleksibelan webnya yang mudah digunakan.

2.1.4. Manfaat Intranet untuk Sekolah
    Manfaat penggunaan intranet untuk sekolah:
• Membantu dalam membuat pengajaran, pembelajaran di sekolah lebih mudah
• Membantu dalam mengembangkan kurikulum yang akan mempersiapkan siswa untuk masa depan
• Memberikan siswa lebih banyak informasi untuk menambahkan kurikulum pengajaran
• Membantu dalam mengidentifikasi informasi yang diperlukan dan berkualitas tanpa membuang-buang banyak waktu
• Membantu dalam mengidentifikasi kebijakan yang relevan dan praktek profesional perpustakaan di negara-negara maju di tingkat sekolah.
2.2. EXTRANET
    Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.

2.2.1. Perbedaan Internet, Intranet dan Ekstranet
    Internet
Merupakan komunikasi jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun beda sistem oprasi dan mesin.
    Intranet
Adalah sebuah jaringan koputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam internal perusahaan atau kantor dengan aplikasi berbasis web dan teknologi komunikasi data seperti internet ( bahkan warung internet (warnet) dapat dikategorikan sebagai intranet)
    Ekstranet
Jika sebuah badan usaha atau bisnis mengekspose sebagian dari internal jaringan ke komunitas di luar.

2.3. E-BUSINESS
    Menurut O’Brien(2001) e-business atau bisnis adalah pengguna teknologi internet untuk menghubungkan dan memperkuat proses-proses bisnis, perdagangan elektronis (electronic commerce atau e-commerce), dan komunikasi serta kolaborasi antara sebuah perusahan dengan para pelanggan, pemasok, dan mitra kerja bisnis elektronis lainnya.
Menurut Turban, et. al(2003) e-business merupakan suatu definisi yang lebih luas dari e-commerce, tidak hanya sekedar menjual-membeli, tetapi juga melayani dan berkolaborasi dengan partner bisnis lainnya, dan membawakan transaksi secara elektronik dalam sebuah perusahaan.
    Aplikasi perdagangan elektronis (e-commerce) digunakan untuk mendukung kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa, dan informasi melalui internet atau extranet. Aplikasi bisnis internal digunakan untuk mendukung kegiatan, proses, dan operasi bisnis bersifat internal. Contoh aplikasi ini yaitu pengunaan intranet, extranet, atau internet untuk mendukung portal informasi perusahaan (enterprise information portal atau EIP atau biasa juga disebut corporate portal).
EIP adalah sesuatu suatu system berbasis web yang dirancang oleh perusahaan agar para pemakai intranet dan pemakai extranet tertentu dapat mengakses informasi dan layanan yang disediakan oleh perusahaan tersebut. Aplikasi bisnis internal juga digunakan untuk mendukung system pendukung manajemen. Dengan melakukan koneksi ke internet, para manejer yang sedang bertugas di luar kota dapat memperoleh infromasi terkini yang tersimpan dalam basis data perusahaan.

2.4. E-COMMERCE
    E-commerce ini merupakan suatu cara yang digunakan untuk mempromosikan suatu bisnis online ke public dengan berbagai macam barang yang ditawarkan secara elektronik.E-commerce sendiri adalah bagian dari e-business karena tugasnya yang bergerak dalam bidang penjualan dan pembelian yang merupakan unsur utama dunia bisnis dan didukung dengan unsur lain yang mencakup semua yang berkaitan dengan bisnis.
Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana e-commerce tersebut perlu adanya beberapa ciri khas dalam e-commerce sebagai pemahaman yaitu sebagai berikut:
- E-commerce memiliki transaksi tanpa batas dimana kita dapat mengaksesnya selama 24 jam penuh setelah e-commerce ini dihosting dan berada dalam lingkup internet.
- Layaknya bisnis online di dalam proses transaksinya , pembeli dan penjual tidak harus bertemu secara langsung ada beberapa pilihan yang dapat dipilih yaitu cash on carry (COD) , melalui transfer dan pengiriman , dll
- Barang yang ditawarkan tidak terbatas dan dapat berupa apapun
- Software free dengan berbagai fitur gratis yang lengkap

    E-commerce merupakan bagian dari bisnis online sedangkan bisnis online didalamnya terdapat e-commerce.Mengapa demikian ? Hal itu terjadi karena dalam prosesnya yang berlangsung adalah e-merchant sebagai pihak penjual yang menawarkan barang/jasa melalui internet dan e-customer sebagai pihak pembeli barang/jasa yang mengakses apa yang diinginkannya melalui internet pula yang dokumentasinya pasti berbasis elektronik.Adapun ketentuan sebuah barang/jasa yang di pasarkan adalah
- untuk produk on line yang berupa software, pembeli diizinkan untuk men-download-nya
- untuk produk yang berwujud fisik, pengiriman barang dilakukan sampai di rumah konsumen
- untuk pembelian jasa, supplier menyediakan untuk melayani konsumen sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan dalam perjanjian

    Dalam membuat suatu e-commerce tidak mutlak menggunakan e-commerce tapi harus melalui CMS dan database untuk menginstallnya karena sebenarnya e-commerce ini hanya penamaan dan prosesnya saja.Di dalam internet banyak software CMS dan database yang open source sebagai pendukung dalam e-commerce. Di bawah ini daftar software CMS untuk e- commerce gratis yang disarankan karena merupakan software paling mudah di setting dan digunakan dalam penggunaannya mengingat bahwa bisnis online yang harus sering update tiap kala waktunya , sebagai berikut :
1) Magneto – software ini memiliki beberapa fitur yang kuat untuk mendukung e-commerce.Memungkinkan membuat beberapa toko online yang  dikelola seorang admin tunggal.
2) Fortune3 – Software canggih namun mudah di gunakan.Software e-commerce ini memiliki semua fitur dan dukungan yang dibutuhkan untuk mengelola sebuah toko online yang sukses.
3) OXID esales -sistem open source e-commerce  ini siap untuk B2C, B2B dan skenario commerce sosial.
4) Prestashop – yang paling menarik dari software ini  adalah antarmuka yang ramping. Dengan open source ini kita dapat membuat kesepakatan khusus seperti voucher hadiah, penurunan harga,maupun produk tag.
5) – adalah salah satu aplikasi e-commerce gratis tertua  yang menawarkan beberapa pilihan pemasaran dan mendukung sebagian besar sistem pembayaran. Aplikasi ini ramah multibahasa dan SEO.Dapat bekerja dengan PHP / MySQL.
6) Digistore -Pengembangan dari  osCommerce dengan perbaikan di ujung depan dan app admin . Menyediakan platform untuk menjual barang fisik & virtual.
7) OpenCart – merupakan PHP – MySQL  sistem shopping cart yang merupakan aplikasi yang tampak sederhana  tapi itu memiliki fitur yang lengkap.
8) Freeway – Aplikasi ini memiliki beberapa ide inovatif untuk membuat toko online.Bisa digunakan untuk menjual jasa belajar main gitar atau persewaan lapangan tenis pada tanggal tertentu dan waktu.
9) Zen Cart – Ini adalah software ecommerce gratis yang  kompatibel . Dikembangkan oleh sekelompok toko, pemilik programmer, desainer dan konsultan.
10) Ecommr – Aplikasi ini menawarkan penyajian elemen antarmuka dan desain situs web e-commerce dengan sistem terorganisir.
11) Spree–menggunakan Ruby on Rails. Spree memungkinkan perbaikan dan kustomisasi. Dengan Merchant Aktif plugin mendukung sebagian besar prosesor pembayaran.
12) WordPress+ Wp-eCommerce- canggih dan mudah di gunakan,toko online akan menjadi sangat atraktif.wordpress merupakan cms yang hampir 70% pengguna internet memakainya.
Beberapa software diatas dapat digunakan untuk mendukung CMS pada e-commerce , diantara banyak software tersebut dapat digunakan dan didownload satu software saja yang nantinya akan digunakan sebagai e-commerce untuk membangun took online kita.

2.5 E-INTERMEDIARY
    Sehubung dengan penggunaan e-commerce untuk mendukung perdagangan melalui internet, muncul pula perantara yang berbasis internet dan dikenal dengan sebuah e-intermediary. E-intermediary (Ebert dan Griffin, 2003) adalah para anggota saluran distribusi internet yang melakukan salah satu atau dua fungsi berikut:
1.Mengumpulkan informasi tentang para penjual dan menyajikannya dalam bentuk yang praktis kepada consumer.
2.Membantu menyalurkan produk-produk internet ke consumer.
Tiga macam e-intermediary yang terkenal saat ini, yaitu penjual bersindikat (syndicated seller), agen pembelanjaan (shopping agen), dan makelar bisnis ke bisnis (business to business broker).

2.5.1    Penjualan Bersindikat
    Yang disebut penjual bersindikat adalah sebuah situs web yang menawarkan hubungan kepada consumer ke situs-situs web lain dan atas jasa ini web yang menghubungkan ke web lain akan mendapatkan komisi. Hubungan dibentuk melalui iklan (banner ad) yang dipampangkan dalam halaman web. Konsumer akan dihubungkan ke web bersangkutan sekiranya mengklik gambar iklan tersebut. Sebagai contoh, banyak situs yang menayangkan iklan dari took buku online Amazon.com.

2.5.2    Agen Pembelanjaan
    Agen pembelanjaan (dikenal dengan sebutan e-agent) merupakan suatu situs web yang membantu para consumer dengan cara memberikan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan consumer dalam rangka untuk membuat keputusan pembelian. Perantara seperti ini tidak memiliki peroduk sama sekali. Yang menjadi focus prantara ini adalah menyediakan informasi dari sejumlah situs web yang lain yang menjual produk yang dicari consumer. Sebagai contoh, PrinceSCAN (www.princescan.com) merupakan e-agent terkenal untuk mencari informasi tentang komputer dan berbagai produk yang lain (dilengkapi dengan harga pada setiap situs).

2.5.3    Makelar Bisnis-ke-Bisnis
    Seperti halnya e-agent, makelar bisnis ke bisnis tidak memiliki produk. Perantara ini menyediakan sarana ke komunikasi antarpebisnis. Sebagai  contoh, Edfex (www.edfex.com) menyediakan informasi yang sangat baru tentang produk dan harga yang berasal dari para pemasok dan pembeli.

BAB 3
KESIMPULAN

    Intranet adalah jaringan komputer dalam sebuah perusahaan yang menggunakan teknologi internet tetapi  bersifat privat bagi perusahaan bersangkutan. Kadangkala intranet juga dihubungkan ke jaringan internet dengan dilengkapi firewall.
Sedangkan Extranet dapat dipandang sebagai sebuah intranet yang dapat diakses melalui pemakai yang berada di luar perusahaan.
e-Commerce digunakan untuk mendukung kegiatan pembelian dan penjualan, pemasaran produk, jasa, dan informasi melalui internet atau extranet. e-Commerce umumnya dapat dikelompokkan menjadi dua buah kategori: business-to-business (B2B) dan business-to-consumer (B2C). Pada perkembangan terakhir juga muncul jenis hubungan yang disebut consumer-to-consumer (C2C) dan consumer-to-business (C2B).
Sehubungan dengan penggunaan e-Commerce, muncul pula perantara yang berbasis internet dan dikenal dengan sebutan e-Intermediary. Tiga macam e-Intermediary yang terkenal saat ini, yaitu penjual bersindikat (syndicate seller), agen pembelajaan (shopping agent), dan makelar bisnis-ke-bisnis (business-to-business broker).   

DAFTAR PUSTAKA
http://en.wikipedia.org/wiki/Business-to-business
http://en.wikipedia.org/wiki/Consumer-to-consumer







0 komentar:

Posting Komentar