Sebelumnya saya pernah menjelaskan apa itu E-Commerce dan
sekarang saya akan menjelaskan dampak E-Commerce terhadap Individu, terhadap
Masyarakat, dan Negara. Sebelum saya menejelaskan dampak-dampak E-Commerce. Saya
akan menjelaskan kembali pengertian E-Commerce. E-Commerce adalah dimana dalam
satu website menyediakan atau dapatmelakukan Transaksi secara online atau juga
bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct
selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat
menyediakan layanan “get and deliver“.
A.
Dampak E-Commerce
terhadap Individu
Dampak E-Commerce
terhadap individu di bagi menjadi dua bagian yaitu dampak positif dan negatif :
1.
Dampak Positif
·
Konsumen dapat
berbelanja atau mengolah bernagai transaksi lain dalam 24 jam sepanjang hari,
sepanjang tahun di sebagian besar lokasi. Contohnya memeriksa saldo, membuat
pembayaran, dan memperoleh informasi lainnya.
·
Konsumen tidak hanya
memiliki sekumpulan produk yang bisa dipilih, namun juga daftar supplier
internasional sehingga konsumen memiliki pilihan produk yang lebih banyak.
·
Konsumen dapat
berbelanja di seluruh dunia dan membandingkan harganya dengan mengunjungi
berbagai situs yang berbeda atau dengan mengunjungi sebuah website tunggal yang
menampilkan berbagai harga dari sejumlah provider.
·
Memudahkan konsumen
untuk berkomunikasi dengan produsen atau konsumen lain dan juga dapat saling
bertukar pengalaman antara produsen atau konsumen lain.
2.
Dampak Negatif
·
Kehilangan
segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer
uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data
finansial yang ada.
·
Pencurian
informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua
informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat
mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
·
Kehilangan
kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan
non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
·
Kerugian
yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja,
ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia,
kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.
B.
Dampak E-Commerce
terhadap Masyarakat
Dampak E-Commerce
terhadap Masyarakat juga di bagi menjadi dua bagian yaitu dampak positif dan
dampak negatif :
1.
Dampak Positif
·
Semakin banyak manusia
yang bekerja dan beraktifitas di rumah dengan menggunakan internet berarti
mengurangi perjalanan untuk bekerja, belanja dan aktifitas lainnya, sehingga
mengurangi kemacetan jalan dan mereduksi polusi udara.
·
Meningkatkan daya beli
dan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan produksi/service yang terbaik
karena perusahaan yang mengeluarkan produk/service dapat menjualnya lebih murah
karena biaya produksi yang rendah.
·
Mengurangi
pengangguran karena masyarakat semakin bergairah untuk berbisnis karena cara
kerja yang gampang dan tanpa modal yang besar.
·
Meningkatkan daya
kreatifitas masyarakat, berbagai jenis produk dapat dipasarkan dengan baik,
sehingga akhirnya juga membantu pemerintah untuk menggairahkan perdagangan
khususnya usaha kecil menengah.
2.
Dampak Negatif
·
Karena masyarakat
lebih sering berinteraksi secara elektronik, dimungkinkan terjadi berkurangnya
kemampuan sosial dan personal manusia untuk bersosialisasi dengan orang lain
secara langsung.
·
Terdapat bahaya
potensial karena dapat terjadi kesenjangan sosial antara orang-orang yang
memiliki kemampuan teknis dalam e-commerce dengan yang tidak, yang memiliki
keahlian digaji lebih tinggi daripada yang tidak.
·
Terbentuknya kelompok
diantara golongan masyarakat yang memiliki tujuan tertentu dalam bisnis
e-commerce yang hanya mementingkan keuntungan dari kelompok tersebut.
·
Hilangnya kebiasaan
masyarakat yang melakukan jual beli secara langsung baik di pasar maupun pusat
perbelanjaan, sehingga membuat para pedagang yang melakukan jual beli secara
manual menjadi gulung tikar.
C.
Dampak E-Commerce
terhadap Negara
Dampak E-Commerce terhadap
individu dan masyarakat di bagi menjadi dua bagian yaitu dampak positif dan
dampak negatif :
1.
Dampak Positif
·
Membantu negara
berkembang untuk masuk ke dalam pasar internasional dengan bantuan dari negara
maju.
·
Membuat laju
pertumbuhan perdagangan digital masing-masing negara menjadi meningkat.
·
Pemasaran produk dari suatu
negara dapat menjangkau pasar internasional sehingga menjadi lebih cepat dan
mudah.
·
Negara-negara dengan
kontak yang lebih luas, baik itu perdagangan, pariwisata maupun lokasi
geografis dengan dunia luar, cenderung lebih maju dalam teknologi digital
2.
Dampak Negatif
·
Biaya yang di gunakan
untuk mengumpulkan informasi sangat mahal ketika mencari informasi secara
lintas negara.
·
Akibat dari biaya yang
mahal, membuat proses perdagangan internasional antar negara menjadi
terhambat.
·
Negara-negara
berkembang dengan penetrasi internet yang lebih tinggi meningkatkan ekspor ke
negara berpenghasilan tinggi dibandingkan negara dengan penetrasi internet
lebih rendah.
·
Biaya komunikasi yang
di gunakan mungkin jauh lebih besar untuk ekspor ke negara-negara maju daripada
mengekspor ke negara-negara tetangga yang berkembang.
0 komentar:
Posting Komentar